KATEGORI

NEWS UPDATE

Zona Diskon

Tekiro: Obeng Set Listrik 7pcs

Rp. 424,000

Rp. 254,400


Tekiro: Tang Buaya Bengkok 7"

Rp. 91,000

Rp. 54,600


Tekiro : Polyurethane Air...

Rp. 1,230,000

Rp. 774,900


Selasa, 12 Juni 2012
(Tips Mobil) Tracker Untuk Kebutuhan Khusus

JAKARTA - Treker atau puller dikenal sebagai kunci khusus untuk mengendurkan atau mengencangkan momen dari sejumlah komponen kendaraan yang tidak dapat dijangkau dengan kunci biasa. Oleh karenanya tracker sengaja didesain khusus untuk kebutuhan spesial.

“Jika di bengkel resmi Toyota, treker disebut sebagai puller yang keberadaannya sangat penting. Mengingat fungsinya termasuk kategori Spesial Sevice Tool (SST). Salah satu kegunaannya adalah untuk melepaskan bearing ataupun magnet dari dudukannya,” terang Yuta Obed, selaku Service Manager Auto 2000 Permata Hijau.

Namun bukan berarti treker hanya monopoli bengkel saja, pemilik kendaraan juga wajib paham mengenai ragam dan fungsinya. Terlebih di pasaran telah marak beredar peranti yang cukup handy dari segi ukuran dan compact saat digunakan. “Peranti ini sangat berguna untuk mengendurkan dan mengencangkan komponen yang rentan slek. Sehingga penggunaan treker lebih aman dibanding memakai kunci biasa,” lanjut pria yang berkantor di Jl. Kebayoran Lama Raya, No. 28, Jakbar.

Proses bongkar pasang pada magnet, pulley, CVT dan bearing di bagian mesin menjadi lebih mudah, tentu disesuiakan dengan jenis treker yang digunakan. “Kegunaannya disesuikan dengan jenis pekerjaannya. Misalnya untuk buka magnet dan pulley, treker yang digunakan harus khusus. Treker yang digunakan untuk mobil pun berbeda dengan motor,” ucap Bebi, owner toko perkakas Galaxy di Lindeteves Trade Center, Lt. GF. 1, C 12, No. 1-5, Glodok, Kota, Jakbar.

Treker yang paling lumrah digunakan adalah treker berjenis two dan three arm. “Kedua jenis treker ini secara fungsi sama saja. Yang membedakan adalah ukurannya. Sebab disesuaikan dengan magnet ataupun pulley dari masing-masing mobil,” lanjut Bebi yang menjual komplit aneka treker ini. (mobil.otomotifnet.com)
Penulis : Harryt • Teks Editor : Bagja • Foto : Harryt

NEWSLETTER SUBSCRIBE