KATEGORI

NEWS UPDATE

Zona Diskon

RYU : Bench Drill RBD 13

Rp. 1,480,000

Rp. 1,036,000


Tekiro: Set Kunci L Torx 9pcs

Rp. 220,000

Rp. 132,000


Tekiro: Kunci Pas Set...

Rp. 328,000

Rp. 196,800


Jum'at, 15 Juni 2012
(Tips Mobil) Bersihkan Muka Lampu Bening Seperti Baru

JAKARTA - Pengumuman hasil ujian nasional tingkat SMU sudah diumumkan, hati Syamsul riang gembira karena ia lulus. Masa liburan pun tiba dan dimanfaatkan untuk beres-beres rumah. Namun ketika masuk garasi, ia mengamati lampu depan mobilnya sudah kusam. Pantas selama ini sinar lampunya kurang maksimal apalagi ketika hujan turun.

Ternyata Syamsul lupa mengontrol bagian ini, karena sibuk belajar menghadapi ujian. Nah, mumpung sedang ada waktu luang, ia segera membenahi mobilnya.

"Kaca lampu mobil dari bahan mika bisa kusam akibat kena panas terus-menerus dari pemakaian bohlam yang watt-nya besar. Atau akibat cuaca, faktor usia, jamur atau baret goresan," jelas Iwan, mekanik toko Syifa Jaya di Pasar Dutamas Fatmawati Lt. II No.73-85, Jaksel, yang biasa menyervis lampu mobil.


Menurut pria asal Ciamis, Jabar itu, kaca lampu yang kusam bisa saja dibersihkan sendiri. Alat kerjanya, kain lap bersih yang halus, air sabun, kompon, cairan pembersih, sikat dan ampelas ukuran 1500 jika diperlukan. "Kalau saya cairan pembersihnya cukup pakai car wax untuk metallic atau busa pengilap ban," katanya.

Di toko yang menjual aneka cairan perawatan mobil, ada pembersih khusus buat kaca lampu atau plastik. Untuk hasil maksimal, cermati langkah-langkah yang diberikan pada setiap kemasan.

Sebelumnya cuci mika pakai air sabun, gosok pakai kain lap atau sikat untuk menghilangkan kotoran atau jamur (Gbr.1). Lalu dilap biar kering. Perhatikan apakah mika buram hanya akibat goresan halus atau dalam.

Jika halus, bisa digosok dengan ampelas halus yang dikasih air. Lakukan hati-hati, jika tidak malah akan menimbulkan baret. Bilas lagi dengan air sampai sisa ampelas hilang.

Setelah dikeringkan, oleskan kompon atau cairan pembersih pada permukaan mika (Gbr.2). Gosok pakai kain lap bersih dengan gerakan memutar. Tunggu hingga kering, lalu gosok lagi sampai permukaan mika jadi lebih halus dan bening (Gbr.3). "Cukup 3 kali gosok," ujar Iwan yang sudah 8 tahun memoles kaca lampu.

Kini hati Syamsul ceria, mika lampu mobilnya kembali mengilap, sinar lampunya terang dan arah pancaran sinarnya tidak lagi pudar. Pandangan juga lebih enak saat malam hari. Yang pasti, tampilan lampunya bening seperti baru. Terlihat bedanya antara mika lampu kusam dan yang bening (Gbr.4).  (mobil.otomotifnet.com)
Penulis : Fend | Teks Editor : Bagja | Fotografer : Reza

NEWSLETTER SUBSCRIBE