KATEGORI

NEWS UPDATE

Zona Diskon

Tekiro: Floor Jack (Body...

Rp. 7,674,000

Rp. 4,604,400


Tekiro: Heavy Duty Valve...

Rp. 529,000

Rp. 317,400


Tekiro: Bearing Puller (AB1)

Rp. 268,000

Rp. 160,800


Selasa, 10 Juli 2012
(Tips Mobil) Pasang Speedometer Indiglow, Instan Mengupgrade Pendaran

Tampilan cahaya yang dipendarkan dari panel indikator dasbor, ikut memengaruhi tampilan interior secara keseluruhan, terutama di malam hari. Salah satunya dengan meng-upgrade pendaran secara instan dengan indiglow.

Dan, saat ini pemilik All New Toyota Avanza (ANA) dan All New Daihatsu Xenia (ANEX) dapat menerapkannya tanpa perlu melakukan ubahan apapun, yang hasilnya langsung terlihat beda (Gbr.1).

Indiglow itu sendiri berbentuk pelat atau lempengan setipis kertas plastik, yang dapat berpendar seperti penampang jam tangan digital. Kemampuan berpendarnya dipicu karena lempengan ini mengandung lapisan kimia pada permukaannya, yang dapat menghantarkan listrik AC 110 volt dan bisa dinyalakan pakai arus DC 12 volt.

"Makanya pemakaian indiglow mesti gunakan modul sebagai inverter untuk menyalakan cahaya indiglow-nya," jelas Santi dari Ramayana Motor (RM) di Pusat Niaga Dutamas Lt.1, Fatmawati, Jaksel.

Meski tergolong aman dipakai buat modifikasi instan, kata Santi, sebaiknya untuk pemasangannya minta bantuan toko penjual atau teknisi ahli.

Langkah pertama melepas frame dudukan indikator, dengan cara ditarik perlahan ke belakang. Setelah terlepas dari dudukannya, jangan lupa melepas soket terminal kabel di balik panel indikatornya (Gbr.2).

Setelah indikator berikut rumahnya berhasil dilepas, buka penutup kluster dengan cara ditarik sembari menekan kancing pengaitnya karena tidak dibaut.

Lanjutkan dengan membuka cover mika indikator, yang konstruksinya juga tanpa baut. Sehingga cukup ditarik ke atas perlahan sambil menekan kancing pengunci di sekeliling penutup bening tadi (Gbr.3).

Barulah kemudian bisa memasang lempengan indiglow, dengan cara menyelipkannya di antara jarum dan penampang indikator (Gbr.4).

Metoda ini lebih simpel ketimbang harus mencopot terlebih dulu jarum spidometer maupun rpm. Sebab untuk pemasangannya, perlu melakukan kalibrasi jarum indikator agar putarannya kembali normal.

Sama halnya untuk pemasangan pelat indiglow pada kluster indikator digital di sisi kanannya. Cukup dengan menyelipkan lempengan di antara batang penyetel jam dan odometer/trip meter.

Terakhir menghubungkan 2 soket kabel indiglow ke modulnya, dan menyambung kabel (+) dari modul indiglow ke (+) lampu kecil, serta kabel (-) ke ground atau massa.

Pasang kembali panel indikator dengan cara kebalikan dari proses membukanya tadi. Untuk pengerjaan bongkar-pasang butuh waktu sekitar 2 jam, dengan biaya Rp 650 ribu sudah termasuk ongkos pasang. (mobil.otomotifnet.com)
Penulis : Anton | Teks Editor : Bagja | Fotografer : Anton

NEWSLETTER SUBSCRIBE